Menu

ANAKAPI Agen Penyedia Alat Pemadam Api Terlengkap

menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Alat Pemadam Api Berat (APAB)
 

Dimana Memasang Smoke Alarm?

Kesadaran masyarakat Indonesia untuk memasang Smoke Alarm baik itu di rumah, kantor maupun pabrik selalu meningkat dari waktu-waktu. Hal ini selain disebakan faktor regulasi yang mewajibkan mewajibkan memasang sensor deteksi kebakaran, juga semakin tingginya kesadaran masyarakat tentang potensi bahaya kebakaran terhadap jiwa dan harta benda.

Smoke Alarm atau sensor asap merupakan salah satu jenis sensor kebakaran yang paling lajim digunakan di Indonesia. Detektor ini akan mendeteksi intensitas asap di suatu ruangan dan membunyikan alarm bila terjadi intensitas asap yang tinggi.

Sedikit data dari fire deparment di New Zealand, sebanyak sekitar 3500 rumah yang terbakar setiap tahunnya di New Zealand, 80% diantaranya tidak memasang smoke alarm sebagai peringatan dini dan korban jiwa pun tidak dapat dihindarkan.

Memasang smoke alarm akan meningkatkan tingkat keamanan pada resiko kebakaran. Pada saat kita tidur atau sibuk bekerja, kehadiran asap seringkali tidak terdeteksi dan peran detektor asap untuk memberikan peringatan dini sangat membantu.


Di mana harus menempatkan Smoke detector?

Secara alamiah asap akan bergerak naik dan bergerak menjalar di sepanjang langit-langit. Asap akan mencari celah dan bergerak secara verikal. Ketika tidak ada celah karena tertutup langit-langit, asap akan bergerak ke bawah lagi untuk memenuhi ruangan.

Memasang smoke alarm pada langit-langit menjadi hal yang penting dalam mendeteksi asap, namun saat pemasangan di langit-langit tersebut tidak dapat dilakukan dan harus dipasang pada dinding, anda harus memasangnya minimal 1 cm di bawah langit-langit untuk menghindari terbentuknya kantung udara mati.



Jenis Optical Smoke Detector, cukup banyak direkomendasikan untuk pemasangan jangka panjang di rumah dan kantor. Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca tentang Mengenal Jenis Sensor Pemadam Kebakaran di artikel sebelumnya.

Lokasi pemasangan smoke detector disarankan di pasang di seluruh ruang di rumah anda dan satu-sama lain terkoneksi, sehingga ketika terjadi kebakaran peringatan akan dapat didengar oleh seluruh isi rumah.



Lokasi yang dihindari untuk Pemasangan Smoke detector?

Ada berbagai jenis alarm untuk lokasi yang berbeda di dalam rumah. Instalasi alarm asap di tempat yang salah dapat menyebabkan alarm fungsi gangguan.

Tidak disarankan memasang alarm asap di dapur Anda. Asap dan panas dari proses memasak dan pemanggang dapat mengaktifkan alarm dan memberikan peringatan paksu. Untuk alasan yang sama alarm asap tidak harus dipasang di kamar mandi terutama yang dilengkapi kran air panas. Pemasangan di Garasi fungsi sensor dapat juga tergangu oleh asap knalpot kendaraan.


Lokasi yang dihindari untuk Pemasangan Smoke detector


Untuk tinjauan produk smoke alarm atau smoke sensor yang direkomendasikan akan kita bahas dalam Topik Tinjauan Produk. Bila anda memiliki pengalaman menggunakan jenis atau merek smoke alarm silahkan ceritakan pengalaman anda dan kirim ke h.uusafini[at]gmail.com sebagai bahan refferensi. Terima kasih.

Posting Komentar

 
Top