Menu

ANAKAPI Agen Penyedia Alat Pemadam Api Terlengkap

menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Alat Pemadam Api Berat (APAB)
 

WASP-Monitor Petugas Damkar 3D
Akhir-akhir ini dunia pemadam kebakaran dikenalkan dengan istilah WASP. Ditengarai bahwa teknologi WASP merupakan aplikasi teknologi antariksa yang diterapkan untuk personil pemadam kebakaran, karena semakin tingginya peran penting petugas dalam mengatasi berbagai krisis dan bencana kebakaran di negara-negara maju.

WASP (Wearable Advanced Sensor Platform) merupakan Platform sensor berteknologi tinggi yang menempel/dikenakan petugas pemadam kebakaran. Teknologinya menggabungkan antara sistem sensor tubuh dengan pusat monitoring personal melalui transmisi data digital.

WASP System memfokuskan pada 2 unsur pengindraan utama:
  1. Pengembangan sistem elektronik terpadu untuk pengindraan kondisi tubuh dan keselamatan personal pemadam kebakaran;
  2. Pengembangan tracking lokasi petugas kebakaran melalui simulasi 3 dimensi (3D)
Hasil penelitian di Amerika Serikat, ditemukan bahwa Petugas pemadam kebakaran mengalami stres fisiologis yang ekstrim selama tugasnya. dan data USFA (United States Fire Administration) menunjukan stres dan kelelahan menyumbang 50% lebih penyebab kematian saat bertugas.

Faktor-faktor yang mempengaruhi respon fisiologis petugas pemadam kebakaran termasuk diantaranya terkurasnya tenaga dari pekerjaan yang dilakukan, lingkungan dengan suhu tinggi, kegerahan dan perasaan terisolasi saat mengenakan pakaian pelindung, membawa peralatan berat, serta status kesehatan individu, tingkat kebugaran, pengobatan, dan tingkat dehidrasi.
Petugas pemadam kebakaran juga terkena bahaya ekstrim selama tanggap darurat.

Selain monitoring kondisi tubuh personil, sensor mengirimkan data ke sistem GLANSER (Geospatial Location Accountability and Navigation System for Emergency Responders) atau sistem navigasi dan akuntabilitas lokasi  Geospasial untuk Respon Darurat, untuk menunjukan lokasi personil pemadam dalam format 3D

Wearable Advanced Sensor Platform (WASP) Shirt


Terdapat beberapa produsen Wearable Advanced Sensor Platform Shirt, salah satu diantaranya oleh Globe Manufacturing, Pittsfield, NH, dengan spesifikasi berikut:
  1. The WASP ™ shirt terbuat dari bahan 4-way stretch knit fabric yang akan menjaga kelembaban tubuh, dan mengering dengan cepat. Kain ini melebihi standard jenis ASTM D 6413 untuk pakaian tahan api.
  2. Sensor Tubuh terpasang pada adjustable strap yang melekat di pakaian dan dipasang melingkar tubuh.
  3. Unit tracking lokasi dikenakan pada sabuk di bagian pinggang dan memberikan data lokasi 3D dalam ruangan di lingkungan yang tidak tembus sinyal GPS.
  4. The Zephyr BioHarness ™ 3 modul elektronik kecil, dilepas dan menempel kokoh ke luar kemeja. Sistem trek denyut jantung, variabilitas denyut jantung, laju respirasi, tingkat aktivitas, postur, dan faktor fisiologis lainnya.
Wearable Advanced Sensor Platform Shirt Dikombinasikan sistem WASP mentransmisikan data secara real time melalui radio Motorola APX, ponsel Android, atau jaringan Wi-Fi.

FireTech: WASP

FireTech: WASP

Tim Pengembang WASP

FireTech: WASP-Monitor Petugas Damkar 3D

Globe Manufacturing memimpin tim multi-disiplin yang terdiri dari Zephyr Technology (pemantauan fisiologis), TRX Systems (pelacakan lokasi), Propel (pengembangan tekstil), Skidmore College Health and Exercise Sciences (ilmu fisiologi) dengan dukungan dari US Army NSRDE agar sistem ini dapat terintegrasi secara total.

Kita tunggu sejauh mana sistem ini akan berkembang dan dapat dimanfaatkan tidak hanya di negara maju seperti Amerika, tetapi dapat juga dimanfaatkan oleh negara yang berkembang seperti Indonesia.

Dalam artikel selanjutnya Anak Api akan terus memberikan informasi seputar perkembangan teknologi pemadam api kelas dunia kepada Anda.

Posting Komentar

  1. Diluar negri canggih canggih ya , andai ada di indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lambat laun pasti masuk ke Indonesia, apalagi kesadaran fire safety semakin meningkat terus. Terima Mas Aldi sudah mampir :)

      Hapus

 
Top